Berikut fokus perilaku yang diobservasi oleh atasan berdasarkan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan.
- Guru melakukan refleksi dinamika kelas untuk menerapkan kesepakatan kelas
- Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi dinamika kelas mengacu kesepakatan kelas
- Guru menunjukkan kesediaan mendengarkan pandangan peserta didik tentang dinamika kelas
- Guru bersikap adaptif sehingga bersedia mengubah kesepakatan kelas bila diperlukan
2. Guru melakukan penguatan positif terhadap perilaku yang sesuai atau mendukung kesepakatan kelas
- Guru memberi pujian terhadap perilaku peserta didik yang sesuai kesepakatan kelas
- Guru memberi penguatan positif dengan beragam cara
- Guru mengakui suatu perilaku positif secara spesifik dan menjelaskan alasannya
3. Guru memfasilitasi peserta didik menyadari konsekuensi dan memperbaiki perilaku melanggarnya (restitusi)
- Guru membantu peserta didik menyadari konsekuensi dari perilaku melanggarnya
- Guru mendengarkan sudut pandang peserta didik terhadap perilaku melanggarnya
- Guru memberikan dukungan pada peserta didik dalam melakukan perbaikan perilakunya
Tinggalkan Komentar